Jumat, 01 April 2011

artikel 2 (aspek hukum)

INFLASI (KENAIKAN HARGA)

Masalah lainnya yang terus menerus mendapat perhatian pemerintah adalah masalah inflasi. Inflasi adalah kecenderungan naiknya harga dalam kurun waktu tertentu yang berlaku untuk semua barang. Tujuan jangka panjang pemerintah adalah menjaga agar tingkat inflasi yang berlaku berada pada tingkat sangat rendah. Tingkat inflasi nol persen bukanlah tujuan utama kebijakan pemerintah karena sukar untuk dicapai. Yang paling penting untuk diusahakan adalah menjaga agar tingkat inflasi tetap rendah.
Jenis-jenis Inflasi :
• Inflasi Tarikan Pemerintah
Inflasi ini biasanay terjadi pada masa perekonomian berkembang dengan pesat. Kesempatan kerja yang tinggi menciptakan tingkat pendapatan yang tinggi selanjutnya menimbulkan pengeluaran yang melebihi kemampuan ekonomi mengeluarkan barang dan jasa.
• Inflasi Desakan Biaya
Inflasi ini juga berlaku pada masa perekonomian berkembang pesat ketika tingkat pengangguran sangat rendah. Apabila perusahaan-perusahaan masih menghadapi permintaan yang betambah, mereka akan berusaha menaikan produksi dengan cara memberikan gaji dan upah yang lebih tinggi kepada pekerjanya dan mencari pekerja baru dengan tawaran pembayaran yang lebih tinggi. Langkah ini mengakibatakan biaya produksi meningkat, yang akhirnya akan menyebabkan kenaikan harga-harga berbagai barang.
• Infalasi Diimpor
Inflasi dapat juga bersumber dari kenaiakn harga-harga barang yang diimpor. Inflasi ini akan berwujud apabila barang-barang impor yang mengalami kenaikan haraga mempunyai peranana penting dalam kegiatan pengeluaran perusahaan-perusahaan.

KEBIJAKAN PEMERINTAH UNTUK MENGATASI INFLASI

• Kebujakan Fiskal
Kebijakan fiskal dilaksanakan oleh Kementerian Keuangan, langkah yang perlu dijalankan oleh Kementerian Keuanagan adalah harus mengurangi pengeluaran dan menaikkan pajak inividu dan perusahaan. Langkah tersebut dapat mengurangi pengeluaran pemerintah, mengurangi investasi dan mengurangi pengeluaran rumah tangga.
• Kebijakan Moneter
Kebijakan moneter dijalankan oleh Bank Sentral, tindakan yang perlu dijalankan Bank Sentral adalah mengurangi penawaran uang dan menaikkan suku bunga. Kebijakan moneter ini akan mengurangi investasi dan pengeluaran rumah tangga (konsumsi).
• Kebijakan Segi Penawaran
Untuk mengekalkan pertumbuhan ekonomi yang berlaku, pemerintah menjalankan kebijakan segi penawaran yang dapat menurunkan biaya pengeluaran perusahaan-perusahaan dan menggalakkan perkembanagn teknologi. Langkah ini akan menimbulakan keseimbangan yang menggambarkan bahwa perekonomian semakin berkembang sehingga kesempatan kerja penuh dicapai dan masalah inflasi dapat dikurangi keseriusannya oleh karena harga turun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar