Jumat, 01 April 2011

artikel 6 (aspek hukum)

Definisi Pertumbuhan Ekonomi :
Dikatakan bahwa istilah pertumbuhan ekonomi menerangkan atau mengukur prestasi dari perkembangan suatu ekonomi.

Faktor-faktor Yang Menentukan Pertumbuhan Ekonomi :
• Tanah dan Kekayaan Alam Lainnya
Kekayaan alam akan dapat mempermudah usaha untuk megembangkan perekonomian suatu negara, terutama pada masa-masa permulaan dari proses pertumbuhan ekonomi.
Apabila negara tersebut mempunyai kekayaan alam yang dapat diusahakan dengan menguntungkan, hambatan-hambatan akan dapat diatasi dan pertumbuhan ekonomi dapat dipercepat. Kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan tersebut akan menarik pengusaha-pengusaha dari Negara yang lebih maju untuk mengusahakan kekayaan alam tersebut.

• Jumlah dan Mutu dari Penduduk dan Tenaga Kerja
Penduduk yang bertambah dari waktu ke waktu dapat menjadi pendorong maupun penghambat kepada perkembangan ekonomi. Penduduk yang bertambah akan memperbesar jumlah tenaga kerja, dan penambahan tersebut memungkinkan negara itu menamabh produksi.
Apabila Negara tersebut mempunyai mutu penduduk dari segi pendidikan dan keahlian, bararti negara tersebut tidak kesusahan untuk mengatasi pertambahan penduduk dengan meperbanyak tenaga kerja yang ahli yang dapat meperbanyak barang dan jasa.

• Barang-barang Modal dan Tingkat Teknologi
Kemajuan teknologi dapat mempertinggi keefisienan kegiatan memproduksi sesuatu barang. Kemajuan seperti itu akan menurunkan biaya produksi dan meninggikan jumlah produksi.
Kemajuan teknologi menimbulkan penemuan barang-barang baru yang belum pernah diproduksikan sebelumnya. Kemajuan seperti itu menambah barang dan jasa yang dapat digunakan masyarakat.
Kemajuan teknologi dapat meninggikan mutu barang-barang yang diproduksikan tanpa meningkatakan harganya.

• Sistem Sosial dan Sikap Masyarakat
Sistem sosial dan sikap masyarakat penting perananaya dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi. Adat istiadat yang tradisional dapat menghambat masyrakat untuk menggunakan cara memproduksi yang modern dan produktivitas yang tinggi. Oleh karenanya pertumbuhan ekonomi tidak dapat di percepat.
Sikap masyarakat yang dapat memberikan dorongan yang besar kepada pertumbuhan ekonomi anatara lain adalah sikap berhemat yang bertujuan untuk mengumpulkan lebih banyak uang untuk investasi, sikap yang sangat menghargai kerja keras dan kegiatan-kegiatan untuk mengembangkan usaha dan sikap yang selalu berusaha untuk menambah pendapatan dan keuntungan.

Kesimpulan :
Kestabilan politik, kebijakan ekonomi pemerintah, kekayaan alam yang dimilki, jumlah dan kemampuan tenaga kerja, tersedianaya usahawan yang gigih dan kemamapuan mengembanagkan dan menggunakan teknologi modern adalah bebarapa faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar